Seorang guru harus menguasai
teori-teori belajar, karena teori belajar akan sangat membantu guru, supaya
memiliki kedewasaan dan kewibawaan dalam hal mengajar, mempelajari muridnya,
menggunakan prinsip-prinsip psikologi maupun dalam hal menilai cara mengajarnya
sendiri. Dengan demikian, tujuan mempelajari psikologi belajar adalah: (Mahfud,
1991: 10) - Untuk membantu para guru, agar menjadi lebih bijaksana dalam usahanya membimbing murid dalam proses pertumbuhan belajar.
- Agar para guru memiliki dasar-dasar yang luas dalam hal mendidik, sehingga murid bisa bertambah baik dalam cara belajarnya.
- Agar para guru dapat menciptakan suatu sistem pendidikan yang efisien dan efektif dengan jalan mempelajari, menganalisis tingkah laku murid dalam proses pendidikan untuk kemudian mengarahkan proses-proses pendidikan yang berlangsung, guna meningkatkan ke arah yang lebih baik.
Seorang guru dikatakan kompeten bila
ia memiliki khasanah cara penyampaian yang kaya, memiliki pula kriteria yang
dapat dipergunakan untuk memilih cara-cara yang tepat di dalam menyajikan
pengalaman belajar mengajar, sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Keseluruhannya itu hanya akan diperoleh jika guru menguasai teori-teori
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar